“ Dirgahayu Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke – 71 . Membangkitkan kesadaran kolektif Guru dalam meningkatkan mutu pendidikan “

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri 1 Nangkasawit
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Hari/Tanggal               :   Senin, 19 September 2016
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit
                                         
I.       Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.    Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
III. Indikator                                                  
1.2.1   Menemutunjukan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia.
IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Menemutunjukan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, tekun dan ketelitian
V.    Materi Pokok
§  Negara-negara di Asia Tenggara
VI.  Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi
VII.    Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
Ø  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Ø  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Ø  Mengaktifkan pelajaran materi yang lalu dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
1.      Apakah di rumah kalian mempunyai tetangga ?
2.      Apa yang kamu ketahui negara tetangga ?
·       Kegiatan inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Ø  Siswa mengamati gambar peta yang dipajang guru di papan tulis.
Ø  Siswa secara klasikal membaca peta Asia Tenggara.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang nama-nama negara kawasan Asia Tenggara dengan menunjukan pada peta.
Ø  Siswa dan guru bertanya jawab tentang nama-nama negara tetangga Indonesia yang berada di kawasan Asia Tenggara.Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang nama negara Indonesia.
Ø  Siswa bersama guru menyimpulkan materi
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
Ø  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang nama negara Indonesia dan menunjukkannya pada peta;
Ø  Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
Ø  Siswa menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
v Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi :
Ø  Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø  Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup:
Ø  Siswa bersama guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
Ø  Siswa mengerjakan soal individu yang telah disiapkan.
Ø  Guru menganalisis hasil pekerjaan siswa.
Ø  Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø  Guru memberikan tindak lanjut, tugas PR, dan informasi pelajaran berikutnya.

VIII. Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat : Peta Asia Tenggara
§  Sumber Bahan
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6, Erlangga, hal : 23
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Depdiknas, hal : 23
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial, SPKn, hal : 51
-          Buku lain yang relevan

IX. Penilaian
§  Prosedur Evaluasi             : Penilai akhir dan proses
§  Jenis Penilaian                   : Tes tertulis
§  Bentuk tes                         : uraian
§  Alat evaluasi                     : Soal-soal test
Perhatikan peta wilayah Indonesia dan negara-negara tetangga dibawah ini !
Tulislah nama negara-negara yang diberi kotak/ nomor dengan benar !

 















Kunci Jawaban

1.      Myanmar                           5. Kamboja                                          9. Filipina
2.      Laos                                  6. Brunei Darussalam                          10. Timor Timur
3.      Thailand                            7. Malaysia                                          11. Papua Nugini       
4.      Vietnam                            8. Singapura                                        12. Autralia

Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Catatan:
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       
        Mengetahui                                                            Nangkasawit,  19 September 2016
        Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas



SUTRISNO, S.Pd.SD                                           VIVI ENGGAR SUSANTI, S.Pd.SD
NIP : 19710624 199803 1 008                               NIP : 19890222 200903 2 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri 1 Nangkasawit
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Hari/Tanggal               :   Kamis, 10 November 2016
Waktu                          :   2 x 35 menit

I.       Standar Kompetensi
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
 
II.    Kompetensi Dasar
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda

III. Indikator
5.1.1 Melakukan percobaaan untuk menyelidiki benda yang bersifat konduktor dan isolator
   Panas
5.1.2 Mengklasifikasikan benda-benda konduktor dan isolator

IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Menjelaskan pengertian konduktor panas
2.      Menjelaskan pengertian isolator panas
3.      Menyebutkan contoh benda-benda konduktor
4.      Menyebutkan contoh benda-benda isolator

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

V.    Materi Pokok
Benda konduktor dan isolator panas.

VI. Metode Pembelajaran
1.      Eksperimen
2.      Pengamatan
3.      Ceramah bervariasi
4.      Tanya jawab
VII.          Langkah-langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
Ø  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Ø  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Ø  Mengaktifkan pelajaran materi yang lalu dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
1.      Siapa yang pernah membuat kopi panas?
2.      Apa yang kamu rasakan dari sendok yang kamu pegang?
3.      Apa yang akan kami rasakan jika sendoknya terbuat dari kayu?
  • Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø  Siswa mengamati benda-benda yang dipajang di depan kelas
Ø  Siswa menyebutkan nama-nama benda yang ditunjukkan guru
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang benda konduktor dan isolator
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
Ø  Siswa melakukan percobaan secara berkelompok untuk menentukan benda yang bersifat konduktor dan isolator
Ø  Siswa mengelompokan benda-benda yang termasuk benda konduktor dan benda isolator
Ø  Setiap kelompok melaporkan hasil percobaannya di depan kelas
v  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
Ø  Guru menanggapi hasil percobaan semua kelompok, serta memberikan penguatan terhadap hasil percobaan siswa.
Ø  Tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø  Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup:
Ø  Siswa bersama guru membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
Ø  Siswa mengerjakan soal individu yang telah disiapkan.
Ø  Guru menganalisis hasil pekerjaan siswa.
Ø  Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø  Guru memberikan tindak lanjut, tugas PR, dan informasi pelajaran berikutnya


VIII.       Alat dan Sumber Belajar
§  Alat: Air panas dan perabot rumah tangga (sendok aluminium,sendok plastik, sendok kayu, wajan, panci, soled, sendok sayur, sorok, paku, karet dan kain)
§  Sumber Belajar:
-      Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI kelas VI. Halaman 55-58. Penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
-      Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI. Halaman 78-81. Penulis S. Rositawaty dan Aris Muharam. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
IX. Penilaian.
a.       Prosedur    : Test dalam proses dan Test akhir.
b.      Bentuk test  : Test Tertulis.
c.       Jenis test      : Jawaban  singkat.
d.      Alat evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
1.      Apa arti konduktor panas?
2.      Apa arti isolator panas?
3.      Berilah 3 contoh benda yang termasuk konduktor panas!
4.      Berilah 3 contoh benda yang termasuk isolator panas!
5.      Jelaskan perbedaan fungsi konduktor dan isolator panas
Kunci Jawaban :
1.      Benda yang dapat atau cepat menghantarkan panas                          ( 2 )
2.      Benda yang tidak dapat atau lambat menghantarkan panas               ( 2 )
3.      Sendok Aluminium, gelas kaca, paku, dll.                                          ( 2 )
4.      Karet, kayu, kain dll.                                                                          ( 2 )
5.      Fungsi konduktor panas : menghantarkan panas dengan cepat,         ( 2 )
Fungsi isolator panas : agar panas tidak mengalir
Nilai        : (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
Catatan   : Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
                    Remedial
                                                                                       
        Mengetahui                                                           Nangkasawit, 10 November 2016
        Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas


SUTRISNO, S.Pd.SD                                           VIVI ENGGAR SUSANTI, S.Pd.SD
NIP : 19710624 199803 1 008                               NIP : 19890222 200903 2 001
LEMBAR KERJA KELOMPOK
             

Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : VI/1
=============================================================
Lembar Kerja 1
No
Benda
Panas
Tidak panas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.



.
Pertanyaan :
1.            Benda-benda mana yang dapat menghantar panas dari api ke tangan?
2.            Benda-benda mana yang tidak menghantar panas?

Jawab :


===================================================
Kesimpulan :



===================================================
Kelompok: _____
Anggota:

  1. ____
  2. ____
  3. ____
  4. ____

Tidak ada komentar:

Posting Komentar