RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 1 Nangkasawit
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Hari/Tanggal : Senin, 19 September 2016
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta
benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.2
Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga
III.
Indikator
1.2.1 Menemutunjukan pada peta letak dan nama
negara tetangga Indonesia.
IV.
Tujuan Pembelajaran
1. Menemutunjukan pada peta letak dan nama
negara tetangga Indonesia.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin, tekun dan ketelitian
V.
Materi Pokok
§ Negara-negara di Asia Tenggara
VI.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi
VII.
Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kegiatan awal
Ø Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
Ø Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
Ø Mengaktifkan pelajaran materi yang lalu
dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
1.
Apakah
di rumah kalian mempunyai tetangga ?
2.
Apa
yang kamu ketahui negara tetangga ?
· Kegiatan inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Ø
Siswa
mengamati gambar peta yang dipajang guru di papan tulis.
Ø
Siswa
secara klasikal membaca peta Asia Tenggara.
Ø
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang nama-nama negara kawasan Asia Tenggara
dengan menunjukan pada peta.
Ø Siswa dan guru bertanya jawab tentang
nama-nama negara tetangga Indonesia yang berada di kawasan Asia Tenggara.Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang nama negara
Indonesia.
Ø Siswa bersama guru menyimpulkan materi
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
untuk berdiskusi tentang nama negara Indonesia dan menunjukkannya pada peta;
Ø Siswa
melakukan diskusi dengan bimbingan guru
Ø Siswa
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
:
Ø Tanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
Ø Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup:
Ø Siswa
bersama guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
Ø Siswa mengerjakan soal individu yang telah
disiapkan.
Ø Guru menganalisis hasil pekerjaan siswa.
Ø Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø Guru memberikan tindak lanjut, tugas PR,
dan informasi pelajaran berikutnya.
VIII. Alat
Dan Sumber Bahan
§ Alat : Peta Asia Tenggara
§ Sumber Bahan
-
Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6, Erlangga, hal : 23
-
Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial Depdiknas, hal : 23
-
Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial, SPKn, hal : 51
-
Buku lain
yang relevan
IX. Penilaian
§ Prosedur Evaluasi : Penilai akhir dan proses
§ Jenis Penilaian : Tes tertulis
§ Bentuk tes :
uraian
§ Alat
evaluasi : Soal-soal
test
Perhatikan peta wilayah Indonesia
dan negara-negara tetangga dibawah ini !
Tulislah nama negara-negara yang
diberi kotak/ nomor dengan benar !
Kunci Jawaban
1.
Myanmar 5. Kamboja 9.
Filipina
2.
Laos 6. Brunei
Darussalam 10. Timor Timur
3.
Thailand 7. Malaysia 11. Papua Nugini
4.
Vietnam 8. Singapura 12.
Autralia
Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
Catatan:
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui Nangkasawit, 19 September 2016
Kepala Sekolah Guru
Kelas
SUTRISNO, S.Pd.SD VIVI
ENGGAR SUSANTI, S.Pd.SD
NIP : 19710624 199803 1 008 NIP : 19890222 200903 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 1 Nangkasawit
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 1
Hari/Tanggal : Kamis, 10 November 2016
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
5. Memahami saling
hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
II. Kompetensi Dasar
5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
III. Indikator
5.1.1
Melakukan percobaaan untuk menyelidiki benda yang bersifat konduktor dan
isolator
Panas
5.1.2 Mengklasifikasikan benda-benda konduktor dan
isolator
IV. Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan pengertian konduktor panas
2.
Menjelaskan pengertian isolator panas
3.
Menyebutkan contoh benda-benda konduktor
4.
Menyebutkan contoh benda-benda isolator
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
V. Materi Pokok
Benda konduktor
dan isolator panas.
VI. Metode Pembelajaran
1.
Eksperimen
2.
Pengamatan
3.
Ceramah bervariasi
4.
Tanya jawab
VII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
· Kegiatan awal
Ø Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
Ø Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
Ø Mengaktifkan pelajaran materi yang lalu
dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
1.
Siapa yang pernah membuat kopi panas?
2.
Apa yang kamu rasakan dari sendok yang kamu pegang?
3.
Apa yang akan kami rasakan jika sendoknya terbuat dari
kayu?
- Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø
Siswa mengamati benda-benda yang dipajang di depan kelas
Ø
Siswa
menyebutkan nama-nama benda yang ditunjukkan guru
Ø
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang benda konduktor dan isolator
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
Ø
Siswa melakukan percobaan secara berkelompok
untuk menentukan benda yang bersifat konduktor dan isolator
Ø
Siswa mengelompokan benda-benda yang termasuk
benda konduktor dan benda isolator
Ø
Setiap kelompok melaporkan hasil percobaannya di
depan kelas
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
Ø Guru
menanggapi hasil percobaan semua kelompok, serta memberikan penguatan terhadap
hasil percobaan siswa.
Ø Tanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
Ø Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup:
Ø Siswa
bersama guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran
Ø Siswa mengerjakan soal individu yang telah
disiapkan.
Ø Guru menganalisis hasil pekerjaan siswa.
Ø Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø Guru memberikan tindak lanjut, tugas PR,
dan informasi pelajaran berikutnya
VIII.
Alat dan
Sumber Belajar
§
Alat: Air panas dan perabot rumah tangga (sendok
aluminium,sendok plastik, sendok kayu, wajan, panci, soled, sendok sayur,
sorok, paku, karet dan kain)
§
Sumber Belajar:
-
Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI
kelas VI. Halaman 55-58. Penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono. Penerbit
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
-
Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD
dan MI kelas VI. Halaman 78-81. Penulis S. Rositawaty dan Aris Muharam.
Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
IX. Penilaian.
a.
Prosedur : Test dalam proses dan Test akhir.
b.
Bentuk test :
Test Tertulis.
c.
Jenis test :
Jawaban singkat.
d.
Alat evaluasi
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat!
1.
Apa arti konduktor panas?
2.
Apa arti isolator panas?
3.
Berilah 3 contoh benda yang termasuk konduktor panas!
4.
Berilah 3 contoh benda yang termasuk isolator panas!
5.
Jelaskan perbedaan fungsi konduktor dan isolator panas
Kunci Jawaban :
1.
Benda yang dapat atau cepat menghantarkan panas ( 2 )
2.
Benda yang tidak dapat atau lambat menghantarkan panas ( 2 )
3.
Sendok Aluminium, gelas kaca, paku, dll. ( 2 )
4.
Karet, kayu, kain dll. (
2 )
5.
Fungsi konduktor panas : menghantarkan panas dengan
cepat, ( 2 )
Fungsi isolator
panas : agar panas tidak mengalir
Nilai : (Jumlah skor :
jumlah skor maksimal) x 10
Catatan : Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan
Remedial
Mengetahui Nangkasawit, 10 November 2016
Kepala Sekolah Guru
Kelas
SUTRISNO, S.Pd.SD VIVI
ENGGAR SUSANTI, S.Pd.SD
NIP : 19710624 199803 1 008 NIP : 19890222 200903 2 001
LEMBAR KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/1
=============================================================
Lembar Kerja 1
No
|
Benda
|
Panas
|
Tidak panas
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
.
Pertanyaan :
1.
Benda-benda mana yang dapat menghantar panas dari api
ke tangan?
2.
Benda-benda mana yang tidak menghantar panas?
Jawab :
===================================================
Kesimpulan
:
===================================================
Kelompok: _____
Anggota:
- ____
- ____
- ____
- ____
Tidak ada komentar:
Posting Komentar